SOLOPOS.COM - Ilustrasi kacang tanah. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Terdapat berbagai jenis makanan yang memiliki kandungan protein tinggi yang bisa dipilih. Salah satunya adalah kacang-kacangan. Simak ulasannya di info sehat ini.

Protein merupakan salah satu nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Ia berguna untuk menjaga tubuh agar tetap kenyang lebih lama, meningkatkan massa otot, dan berbagai kegunaan lain.

Promosi Kampung Rosela Malang Terus Berkembang Berkat Pemberdayaan BRI

Beberapa kacang memiliki protein lebih tinggi dari yang lain, bahkan lebih tinggi dibandingkan protein yang terkandung pada telur. Kacang-kacangan merupakan salah satu sumber protein nabati yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Seperti dilansir dari Eating Well pada Selasa (25/6/2024) berikut ini 3 jenis kacang yang memiliki kandungan protein tinggi antara lain:

1. Kacang tanah

Kacang tanah mengandung protein sebanyak 7 gram per ons. Kacang tanah faktanya adalah tanaman jenis hijauan berkeping dua yang tumbuh di bawah tanah. Mereka dikonsumsi sebagai kacang oleh rasa, tekstur, dan nilai nutrisinya.
Kacang tanah memiliki harga yang terjangkau, mudah disimpan, bergizi, dan mengandung lebih dari 7 gram protein dan 2 gram serat per sajian ons.

2. Kacang almond

Kacang almond memiliki 6 gram protein per ons. Almond memenuhi kriteria nutrisi dan masakan. Kacang ini merupakan sumber energi yang menawarkan berbagai nutrisi, termasuk serat dan antioksidan, yang keduanya berkontribusi terhadap kesehatan jantung yang baik. Kacang ini menyediakan 3,5 gram serat untuk setiap 23 biji, yang menyediakan lebih dari 10% kebutuhan serat harian.

3. Kacang pistachio

Protein yang terkandung dalam kacang pistachio sejumlah 5,95 gram per ons. Pistachio layak mendapat penghargaan karena mereka juga memiliki susunan nutrisi yang luar biasa, termasuk potasium pengatur tekanan darah, vitamin B6 yang mendukung kekebalan tubuh, dan mangan pembentuk tulang.

Penelitian baru menunjukkan bahwa mengonsumsi pistachio secara teratur dapat meningkatkan kesehatan mikrobioma usus dengan meningkatkan konsentrasi bakteri menguntungkan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya