SOLOPOS.COM - Ilustrasi menyimpan daging di kulkas. (Freepik)

Solopos.com, SOLO-Ketahui lima langkah mudah agar daging kurban tetap segar sekali pun disimpan di dalam kulkas. Mayoritas orang memilih menyimpan sebagian daging yang didapatkan saat Hari Raya Iduladha.

Ketika menyimpan daging di kulkas, diperlukan langkah tertentu agar daging tetap segar dan berkualitas saat hendak diolah nantinya. Cara penyimpanan yang salah bikin daging cepat busuk dan kualitasnya menurun saat diolah. Simak ulasannya di tips memasak sehat kali ini.

Promosi Berkat KUR BRI dan Rajin Ikut Pameran, Keripik Kulit Ikan Rafins Snack Mendunia

Berikut ini beberapa langkah mudah menyimpan daging kurban di kulkas seperti yang dijelaskan pada laman Badan Amil Zakat Nasional dikutip pada Kamis (13/6/2024), di antaranya:

1. Jangan mencuci daging kurban

Hal yang pertama dilakukan adalah jangan mencuci daging kurban. Sebab daging kurban akan mengeluarkan bau tak sedap apabila dibilas dengan menggunakan air. Tak hanya itu, daging kurban yang terkena air akan meresap ke serat dan membuat daging menjadi cepat busuk.

2. Memotong daging kurban jadi beberapa bagian

Langkah berikutnya menyimpan daging di kulkas agar tetap segar yaitu potong-potong jadi beberapa bagian. Memotong daging kurban menjadi beberapa bagian akan mempermudah proses pencairan daging. Selain itu, daging yang sudah dipotong-potong dapat mempercepat saat dimasak. Daging kurban dapat dipotong sesuai dengan porsi yang diinginkan

3. Tidak mencampur daging dengan makanan lain

Menyimpan daging kurban di kulkas sebaiknya tidak dicampur dengan makanan lain. Hal ini dilakukan agar daging tetap segar dan tidak tercampur bakteri dari makanan lain.  Selain itu sebaiknya menyiapkan tempat khusus dalam menyimpan daging kurban di kulkas.

4. Membumbui daging kurban

Langkah berikutnya menyimpan daging di kulkas dianjurkan untuk membumbui daging kurban sebelum disimpan di kulkas. Hal ini dilakukan agar daging yang kita simpan dapat tahan lama. Selain itu, bumbu seperti kunyit, garam dan lainnya dapat membunuh bakteri pada daging.

5. Jangan terlalu lama menyimpan daging di kulkas

Ada batasan waktu menyimpan daging kurban di kulkas agar masih layak dikonsumsi. Karena itu, usahakan jangan terlalu lama menyimpan daging kurban karena akan membuat daging menjadi tidak segar lagi.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya