SOLOPOS.COM - Ilustrasi rambut sehat. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO — Merawat rambut memang terlihat mudah. Tapi, kesalahan sedikit saja bisa membuatnya rusak.

Dikutip dari Hindustan Times, Minggu (2/6/2024), berikut beberapa kesalahan umum yang sering membuat rambut rusak:

Promosi Kampung Rosela Malang Terus Berkembang Berkat Pemberdayaan BRI

Keramas berlebihan

Memakai sampo setiap hari dapat mengganggu produksi minyak alami di kulit kepala. Hal ini membuat kulit kepala kering. Sebaiknya, keramas dengan lembut dan bersihkan rambut dua hingga tiga kali sepekan.

Melewatkan kondisioner

Kondisioner seringkali terlupakan saat selesai keramas. Padahal kondisioner membantu mengembalikan kelembapan, mengurai rambut kusut, dan melindunginya dari kerusakan. Selalu gunakan kondisioner setelah keramas, dengan fokus pada bagian tengah hingga ujung rambut.

Menggunakan air panas

Air yang terlalu panas saat keramas dapat menghilangkan minyak alami dari kulit kepala dan rambut, sehingga membuatnya kering dan rapuh. Sebaliknya, gunakanlah air yang lebih hangat saat mencuci dan membilas rambut agar rambut tidak mudah rapuh.

Gaya rambut ketat

Saat menata rambut, menarik rambut secara terus-menerus dengan kuncir kuda atau kepang yang ketat dapat menyebabkan kerusakan dan bahkan kerontokan rambut yang disebut traksi alopecia.

Agar rambut tidak tersiksa karena penataan yang terlalu ketat, pilihlah gaya yang lebih longgar atau kendurkan gaya yang ketat sepanjang hari.

Perawatan kimiawi

Walaupun highlight atau pelurusan sesekali bisa menyenangkan, seringnya penggunaan bahan kimia keras seperti pengeritingan atau pelemas rambut dapat melemahkan rambut seiring waktu.

Pertimbangkan metode penataan rambut alternatif atau diskusikan pilihan yang lebih lembut dengan penata rambut Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya