SOLOPOS.COM - Ilustrasi minum air dingin. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Tidak sedikit orang minum air dingin atau menambahkan es batu pada air putih agar lebih segar dan nikmat terutama saat cuaca panas. Namun, apakah meminum air dingin itu tak baik untuk kesehatan tubuh?

Meminum air merupakan kebutuhan manusia agar tubuh tetap terhidrasi. Seperti di saat cuaca sedang panas dimana tubuh menghasilkan keringat lebih banyak diperlukan untuk minum air putih dengan cukup.

Promosi Dukung Go Global, BRI Berangkatkan 8 UMKM ke FHA Food & Beverage 2024 Singapore

Dilansir dari healthline.com pada Senin (27/5/2024), minum air dingin dapat mempengaruhi tubuh dengan cara yang mungkin tidak diduga atau diinginkan. Sebuah studi kecil dari tahun 1978 yang melibatkan 15 orang menemukan bahwa minum air dingin membuat lendir hidung lebih kental dan sulit melewati saluran pernapasan.

Sebaliknya, para peneliti menemukan bahwa sup ayam dan air hangat membantu orang bernapas lebih mudah. Jika seseorang mencoba mengobati pilek atau flu, minum air dingin mungkin membuat rasa sesak terasa memburuk.

Ada beberapa kondisi kesehatan yang dapat diperparah oleh minum air dingin. Penelitian dari tahun 2001 mengaitkan minum air dingin dengan memicu migrain pada orang yang sudah mengalami migrain.

Rasa sakit yang berhubungan dengan akalasia, suatu kondisi yang membatasi kemampuan tubuh untuk melewatkan makanan melalui kerongkongan, juga bisa menjadi lebih buruk ketika Anda minum air dingin saat makan, menurut sebuah penelitian tahun 2012.

Dalam pengobatan tradisional Tiongkok, meminum air dingin dengan makanan panas diyakini dapat menimbulkan ketidakseimbangan. Biasanya, makanan dalam budaya Tiongkok disajikan dengan air hangat atau teh panas. Keyakinan ini tercermin dalam beberapa budaya lain di seluruh dunia.

Beberapa orang juga memiliki keyakinan serupa bahwa minum air dingin pada hari yang panas tidak akan membantu mendinginkan tubuh seseorang. Meski begitu,tak ada cukup penelitian untuk menyimpulkan bahwa keyakinan ini benar atau salah. Selain kemungkinan tersebut, air dingin memiliki beberapa manfaat.

Menurut penelitian tahun 2012, minum air dingin selama berolahraga dapat membantu menjaga tubuh dari panas berlebih dan membuat sesi olahraga lebih berhasil. Ini kemungkinan disebabkan oleh air dingin membuat lebih mudah bagi tubuh untuk menjaga suhu lebih rendah.

Selain itu minum air dingin sama bermanfaatnya dengan minum air yang bersuhu ruangan, dimana ia menjaga agar tubuh terhidrasi dan merasa kembali segar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya