SOLOPOS.COM - Cawapres no urut 2 Gibran Rakabuming Raka menyampaikan gagasannya dalam debat perdana cawapres di JCC Senayan, Jumat (22/12/2023) malam. (Istimewa/Tangkapan Layar/Kompas TV)

Solopos.com, SOLO-Cuitan Gibran Rakabuming Raka di akun Twitter-nya  yang sekarang bernama X yang berbunyi “Let him cook” menarik perhatian warganet, lalu apa artinya? Gibran Rakabuming Raka dinilai berhasil menyelesaikan debat calon wakil presiden (cawapres) dengan baik pada Jumat (22/12/2023).

Gaya debatnya dinilai berbeda dengan cara menjawab pertanyaan selama kampanye. Selepas debat, Gibran pun menuliskan cuitan di akun X miliknya.

Promosi BRI Kenalkan Berbagai Inovasi Unggulan di Kick-Off BUMN AI Center of Excellence

Cuitan Gibran tersebut bertulis “Let him cook” yang diduga dilemparkan Gibran ke media sosial setelah ia membabat Cak Imin dengan pertanyaan seputar SGIE, lantas apa arti istilah tersebut?  Bahasa gaul ini sebenarnya adalah istilah viral yang kini banyak digunakan di media sosial TikTok dan Twitter.

Secara harfiah, istilah ini memiliki arti biarkan dia memasak. Namun ternyata kalimat tersebut ditujukan untuk seseorang mengekspresikan sesuatu.

Arti “Let him cook” adalah membiarkan seseorang menyelesaikan tugasnya. istilah ini biasanya digunakan netizen untuk mendukung seseorang yang ahli dalam bidangnya.

Selain itu, penggunaan kalimat ini juga biasa dipakai warganet untuk melakukan sindiran terhadap seseorang dan membiarkan siapa saja untuk melakukan hal yang dilakukannya tanpa dikomentari.

Dikutip dari dictionary.com pada Sabtu (23/12/2023), berikut ini penjelasan arti “Let him cook”. Istilah ini adalah ungkapan slang yang artinya membiarkan seseorang dengan bebas melakukan sesuatu yang dia kuasai.

Biarkan dia memasak adalah salah satu dari banyak variasi frasa biarkan X masak yang digunakan untuk merujuk pada membiarkan seseorang melakukan apa yang mereka lakukan. Beberapa contoh variasi lainnya adalah let him cook, let they cook, dan let we cook.

Istilah ini sering kali digunakan untuk mengungkapkan keinginan agar orang lain diberi kebebasan untuk melakukan sesuatu atau tidak ditahan. Misalnya, biarkan dia memasak sering digunakan untuk menggambarkan atlet berbakat yang ingin berkompetisi atau pria yang ingin mencoba menggoda wanita.

Biarkan dia memasak juga digunakan dalam meme yang menyertakan frasa atau variasinya, seperti siapa yang membiarkan dia memasak, biarkan anak itu memasak, atau Tunggu…biarkan dia memasak. Meme tersebut mungkin menggunakan frasa tersebut dengan serius atau bercanda, seperti ketika menyiratkan bahwa seseorang akan melakukan sesuatu yang bodoh, melakukan sesuatu yang tidak mengesankan, atau gagal secara spektakuler.

Contoh: Mengapa mereka terus mencadangkan Patrick di kuarter keempat? Biarkan dia memasak!

Setelah tahu arti “Let him cook” ketahui juga sejarahnya. Bahasa gaul ini sering dikaitkan dengan rapper Lil B, yang telah menggunakannya di media sosialnya setidaknya sejak tahun 2010. Lil B sering menggunakan frasa tersebut dengan arti membiarkan seseorang melakukan sesuatu yang dia kuasai, seperti membuat musik rap.

Lil B sering menyebut dirinya sebagai “master chef” dan menyebut rapper berbakat lainnya atau orang-orang dengan barang curian sebagai “juru masak”. Lil B juga menggunakan bahasa gaul juru masak dalam musiknya, seperti lagu I Cook (2010), dan menciptakan gerakan tarian populer yang meniru orang yang sedang memasak.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya