SOLOPOS.COM - Ilustrasi makan steak. (Freepik)

Solopos.com, SOLO-Setiap kali mengonsumsi makanan atau minuman, tubuh akan mencerna makanan dan minuman tersebut untuk menyerap nutrisi yang ada. Setiap jenis makanan yang dikonsumsi memiliki waktu pencernaan yang berbeda-beda, termasuk untuk daging.

Beberapa makanan memiliki waktu pencernaan yang singkat, sedangkan makanan lain membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna. Simak ulasannya di info sehat ini. Secara ilmiah, makanan biasa membutuhkan waktu sekitar 24 jam untuk dicerna.

Promosi Dukung Go Global, BRI Berangkatkan 8 UMKM ke FHA Food & Beverage 2024 Singapore

Namun makanan yang mengandung lemak seperti daging dapat membutuhkan waktu lama bagi tubuh untuk mencerna. Lalu berapa lamakah makanan seperti daging membutuhkan waktu untuk dicerna?

Dilansir dari NDTV Food pada Rabu (19/6/2024) bahwa meski makanan kaya protein membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna di perut dan usus kecil, namun lemak dari daging sendiri yang membuat proses pencernaan lambat. Hal ini seperti dijelaskan dari buku Diet & Nutrition, A Holistic Approach oleh Rudolph Ballentine.

Lemak dan minyak merupakan molekul yang relatif kompleks yang memperlambat pengosongan lambung lebih lama dibandingkan makanan lainnya. Produk hewani seperti daging, susu, dan telur secara teori mengandung jumlah lemak lebih tinggi dibanding buah atau sayuran.

Selain itu, ahli gizi dari Diet Clinic, Sheela Sehrawat, mengatakan bahwa tubuh butuh waktu untuk mencerna daging sekitar dua sampai empat hari. Dimana pencernaan tersebut dimulai dari pengunyahan.

Daging meninggalkan banyak amonia, yang mana dibuang dalam bentuk urea oleh ginjal. Dikarenakan proses ini memerlukan banyak air maka seseorang harus minum banyak air untuk mencerna daging lebih cepat.

Beberapa cara dapat dilakukan untuk membantu tubuh mencerna daging lebih cepat yaitu:

1. Mengunyah berulang kali

Sangat penting untuk mengunyah makanan berulang kali untuk secara tak langsung membantu untuk memecah makanan dan melepaskan sekresi asam lambung di perut. Ini akan membuat lambung menjadi jauh lebih asam, sehingga membantu mencerna daging lebih cepat.

2. Makan beberapa potong buah nanas

Cara lainnya untuk membantu tubuh mempercepat mencerna daging yaitu makan nanas. Buah ini mengandung enzim natural yang disebut bromelain, yang mana membantu memecah ikatan antara protein, sehingga membantu untuk mencerna dengan lebih baik.

3. Mengonsumsi pepaya

Demikian pula, seseorang juga dapat makan pepaya yang mengandung senyawa enzim bernama papain yang memudahkan pencernaan protein. Buah ini juga dapat membantu menghindari kembung dan gangguan pencernaan.

4. Marinasi daging

Salah satu cara terbaik untuk membantu daging dicerna lebih cepat adalah dengan merendamnya dengan makanan yang mengandung asam (seperti cuka) semalaman. Perendaman dengan asam semalaman secara pasti akan pemecahan protein, sehingga meningkatkan daya cerna daging.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya