SOLOPOS.COM - Umat Islam menghadap ka'bah seusai melaksanakan tawaf di Masjidil Haram, Makkah, Arab Saudi, Senin (19/5/2024). (Antara/Sigid Kurniawan)

Solopos.com, SOLO – Saat mengantarkan keberangkatan jemaah haji ke Tanah Suci, umat Islam bisa membaca doa kepada Allah SWT yang diajarkan Rasulullah SAW.

Sudah menjadi tradisi di kalangan masyarakat untuk mengantarkan keberangkatan jemaah haji menuju Tanah Suci. Biasanya, diawali dengan acara walimatus safar dengan salah satu isinya adalah pembacaan doa.

Promosi Mantap! BRI Bagikan Mobil untuk Agen BRILink Berprestasi di Yogyakarta

Acara tersebut digelar dengan maksud agar jemaah haji dalam menunaikan rukun Islam berjalan dengan lancar, selamat, dan menjadi haji yang mabrur. Selain itu, keluarga yang ditinggalkan selama ibadah haji dalam memperoleh kemaslahatan.

Mengutip laman resmi Nahdlatul Ulama (NU online), terdapat doa yang bisa dibaca umat muslim ketika melepas keberangkatan jemaah haji menuju Tanah Suci. Doa tersebut pernah diajarkan Rasulullah SAW ketika salah seorang sahabatnya menyatakan diri untuk mengadakan perjalanan jauh, Nabi Muhammad mengajarkan sebuah doa berikut ini.

Zawwadakallaahut taqwaa, wa ghafara dzanbaka, wa yassara lakal khaira haitsumaa kunta.

Artinya: Semoga Allah membekalimu dengan takwa, mengampuni dosamu, dan memudahkanmu dalam jalan kebaikan di mana pun kau berada.

Doa tersebut ternyata juga bisa mengantarkan orang yang dicintai untuk berangkat haji.

“Diriwayatkan kepada kami pada kitab At-Tirmidzi, dari Sahabat Anas RA. Ia bercerita bahwa seseorang mendatangi Rasulullah SAW, ‘Wahai Rasul, aku hendak berpergian. Karenanya, berikanlah aku bekal,’ kata sahabat tersebut. ‘Zawwadakallaahut taqwaa,’ kata Rasulullah SAW. ‘Tambahkan lagi ya Rasul,’ kata sahabat itu. ‘Wa ghafara dzanbaka,’ kata Rasulullah SAW. ‘Tambahkan lagi ya Rasul,’ kata sahabat itu. ‘Wa yassara lakal khaira haitsumaa kunta,’ jawab Rasulullah SAW. Imam At-Tirmidzi mengatakan bahwa kualitas hadis ini hasan,” demikian penjelasan Imam An-Nawawi.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya