SOLOPOS.COM - Ilustrasi mencuci muka. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Mencuci muka di pagi hari merupakan kebiasaan yang dilakukan oleh banyak orang untuk menyegarkan kembali tubuh dan menghilangkan kantuk setelah tidur semalaman. Namun perlukah melakukannya setiap hari? Untuk menjaga kesehatan kulit, simak ulasannya di tips sehat ini.

Ketika mencuci muka biasanya seseorang menggunakan sabun cuci muka untuk membersihkan minyak wajah yang dihasilkan saat tidur. Meski ini merupakan hal penting, beberapa orang mungkin tidak perlu mencuci wajah mereka dengan sabun cuci muka. Untuk menjaga kecantikan wajah, ketahuilah penjelasan pakar tentang mencuci muka di pagi hari pada ulasan kecantikan kali ini.

Promosi Direksi BRI Kembali Lakukan Aksi Borong Saham BBRI hingga Miliaran Rupiah

Banyak orang memiliki rutinitas pagi dan malam sering mengikutkan perawatan kulit tertentu. Namun banyak yang memperingatkan bahwa mencuci wajah dua kali sehari merupakan hal yang berlebihan.

Dilansir dari health.com pada Selasa (11/6/2024), seorang ahli kecantikan pada unggahan Tiktok, Maja, mengatakan bahwa jika seseorang mencuci wajah pada pagi dan malam, mereka mungkin terlalu banyak menghilangkan minyak alami kulit sehingga mengakibatkan gangguan pada pelindung kulit, jerawat, dan lebih banyak masalah kulit.

“Tentu saja, mencuci wajah dapat bermanfaat bagi seseorang, ini memainkan peran penting dalam menghilangkan kotoran, minyak, sel kulit mati, riasan, dan zat yang menyumbat pori-pori dan kelenjar,” kata dokter kulit bersertifikat di Westlake Dermatology, Stephanie Saxton-Daniels,  kepada Health.

Tetapi jika seseorang baru saja mencuci muka malam sebelumnya, apakah mereka benar-benar perlu melakukannya lagi di pagi hari? Ketika membicarakan seberapa sering diperlukan untuk membersihkan kulit, maka tak ada satu jawaban yang tepat untuk semua orang. Kebalikannya ini tergantung dengan jenis kulit masing-masing, kata Carolyn Stull, MD, dokter kulit bersertifikat di MDCS Dermatology kepada Health.

Bagi beberapa orang, terlebih mereka yang rentan jerawat atau memiliki wajah berminyak, mencuci muka dua kali sehari mungkin dapat bermanfaat.
Mencuci wajah di pagi hari dapat membantu menghilangkan sebum berlebih dan sel kulit mati, yang dapat menyumbat pori-pori, jelas Stull. Ini juga cara yang baik untuk menghilangkan sisa dari produk perawatan kulit, termasuk petroleum, lilin, mentega, dan minyak berat, tambahnya.

Menghilangkan kotoran, minyak kulit, dan sisa-sisa lainnya di pagi hari mengurangi kemungkinan pori-pori tersumbat dan jerawat, kata Stacey Tull, MD, MPH, ahli bedah dermatologis bersertifikat dan pemilik St. Charles County Dermatologic Surgery. Ini juga bisa mencegah penumpukan sel kulit yang dapat menyebabkan penampilan kusam atau tidak sehat, katanya.

“Metabolisme kita masih memproduksi sebum [minyak] dan melepaskan sel kulit saat tidur,” kata Tull kepada Health. “Meskipun Anda mencuci wajah di malam hari, Anda mungkin tidak mengganti sarung bantal setiap malam, sehingga kotoran dari tempat tidur dan rambut akan menumpuk.”

Meskipun mencuci wajah di pagi hari dapat meningkatkan kesehatan kulit bagi sebagian orang, hal ini tidak diperlukan untuk semua orang. Orang dengan kulit sensitif atau kondisi kulit radang seperti eksim, rosacea, dan psoriasis mungkin merasa bahwa mencuci dua kali sehari terlalu membuat kering kulit, kata Stull.

“Penting untuk tidak berlebihan,” jelasnya. “Menghilangkan lipid alami yang diproduksi semalam dapat mengganggu fungsi penghalang kulit, membuat kulit lebih rentan terhadap iritasi.”

Mencuci muka terlalu sering dapat dalam beberapa kasus menyebabkan gangguan pada mikrobioma kulit dan memperburuk kondisi kulit seperti dermatitis perioral atau kulit sensitif, tambah Saxton-Daniels.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya