SOLOPOS.COM - Ilustrasi makan makanan pedas. (Freepik)

Solopos.com, SOLO-Banyak orang menyadari hidung menjadi meler ketika sedang makan makanan yang pedas. Hal ini mungkin membuat tak nyaman, terlebih ketika sedang menikmati makanan di luar bersama orang lain. Simak ulasannya di info sehat.

Lalu apa alasan hidung menjadi meler ketika sedang makan makanan pedas? Seseorang mungkin tak dapat menyadarinya, namun selain hidung, perut dan bagian dari usus juga akan mulai mengeluarkan cairan lebih, kata Dr. Brett Comer, seorang dokter bedah dan spesialis THT di University of Kentucky College of Medicine dikutip dari time.com pada Sabtu (29/6/2024).

Promosi Kampung Rosela Malang Terus Berkembang Berkat Pemberdayaan BRI

Tubuh akan menyalakan saluran air untuk mendorong pedas yang berlebih. “Ketika mulut atau tenggorokan Anda menemui benda asing yang berbahaya, pemikirannya adalah bahwa cairan membantu mengeluarkannya,” jelas Comer.

“Beberapa orang bahkan mulai mengalami diare atau sakit perut sebagai hasil dari lendir berlebih yang dilepaskan ke saluran pencernaan sebagai respons terhadap makanan pedas,” tambah Comer.

Senyawa tanaman yang disebut capsaicin patut mendapat pujian atas panasnya cabai  yang menyebabkan keluarnya ingus saat makan pedas. Sebuah studi tentang efek fisiologis dan terapeutik capsaicin menemukan bahwa senyawa tersebut menyebabkan “kegembiraan” yang unik dengan mengunci jenis reseptor rasa sakit tertentu.

“Kegembiraan ini menyebabkan rasa panas atau nyeri seperti terbakar, pelebaran pembuluh darah, kemerahan pada kulit, dan peningkatan suhu tubuh,” kata penulis studi dan profesor neurofarmakologi di University College London Anthony Dickenson.

Capsaicin dapat memicu efek ini baik dimakan atau dioleskan pada kulit dalam bentuk krim topikal, kata Dickenson, itulah sebabnya beberapa krim arthritis dan nyeri otot mengandung capsaicin. Setelah “kegembiraan” awal mereda, reseptor rasa sakit yang terkena cenderung menjadi tidak peka, katanya, yang dapat mengurangi rasa sakit secara lokal.

Selain kemampuannya melawan rasa sakit, capsaicin telah menunjukkan beberapa manfaat kesehatan potensial lainnya. Penelitian dari Tiongkok mengaitkan konsumsi makanan pedas yang mengandung capsaicin dengan penurunan angka kematian. Meskipun penjelasan mengenai kaitan ini masih lemah, beberapa peneliti mengatakan bahwa capsaicin tampaknya meningkatkan fungsi jantung dan metabolisme. Para ahli lain juga menemukan bukti bahwa capsaicin dapat memicu kematian sel yang sehat yang dapat memperlambat atau mencegah jenis mutasi yang menyebabkan kanker.

Ada juga bukti bahwa capsaicin dapat melindungi jantung dan pinggang Anda. Mengonsumsi capsaicin memiliki efek anti-obesitas, menurut ulasan tahun 2017. Dan sebuah penelitian pada tahun 2015 menemukan bahwa mengonsumsi capsaicin dapat melawan penumpukan lemak visceral—jenis lemak yang menumpuk di usus dan di sekitar organ tubuh, dan terkait dengan sejumlah penyakit. Penelitian kecil lainnya terhadap 36 orang dewasa menemukan bahwa menambahkan capsaicin ke dalam makanan mereka selama empat minggu meningkatkan fungsi jantung dan arteri, mungkin dengan meningkatkan pelebaran pembuluh darah yang sehat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya