SOLOPOS.COM - Ilustrasi makan. (Freepik)

Solopos.com, SOLO-Pernahkah Anda merasa perut lapar dan keroncongan setelah bangun tidur di siang hari? Hal ini pasti membuat seseorang bertanya-tanya mengapa hal ini terjadi. Untuk menjaga kesehatan tubuh, simak ulasannya di info sehat ini.

Rasa lapar merupakan hal alami yang muncul dari tubuh untuk memberitahu bahwa tubuh membutuhkan pasokan energi. Melakukan aktivitas tertentu seperti berolahraga juga dapat memicu munculnya rasa lapar karena energi yang telah digunakan. Tetapi terkadang seseorang juga merasa lapar pada saat bangun tidur.

Promosi Fokus Bisnis Berkelanjutan, BRI Masuk CNBC Indonesia Green Business Ratings

Dikutip dari halodoc.com pada Rabu (12/6/2024) meskipun dalam keadaan tidur, tubuh tetap bekerja keras untuk regenerasi sel sehingga membutuhkan energi saat tidur. Karena pembakaran kalori tetap terjadi saat tidur, maka tidak heran tubuh merasa lapar saat terbangun dari tidur.

Lalu apakah ada alasan lain merasakan lapar setelah bangun tidur siang? Dilansir dari thehealthy.com beberapa alasan mungkin menjadi penyebab seseorang bangun tidur disertai perut lapar, seperti:

1. Hormon berganti ketika tidur

Terdapat beberapa teori mengapa seseorang bangun lapar setelah tidur siang, tapi yang paling utama adalah berkaitan dengan pertumbuhan hormon, jelas Amber Core, dietisien terdaftar di Ohio State University Wexner Medical Center.

“Terdapat banyak perubahan yang terjadi ketika hormon pertumbuhan meningkat ketika tidur,” kata Core, “Namun ketika tidur siang, pelepasan hormon pertumbuhan cenderung lebih tinggi dibanding waktu lain,” katanya.

Hormon pertumbuhan memainkan peran penting pada perasaan lapar karena ia membantu memulihkan tubuh dari kerusakan dan kelelahan.
“Ketika hormon pertumbuhan meningkat, ia memberitahu tubuh untuk meningkatkan pemasukan energi melalui makanan untuk membantu energi yang dibutuhkan dalam pemulihan.”

2. Kurang tidur

Semua orang memiliki kebutuhan tidur masing-masing dan jika seseorang kurang tidur di malam hari maka tidur siang dapat membantu memenuhi kekurangan ini. Namun jika seseorang sering kurang tidur maka mereka akan mungkin menyadari lebih lapar selama siang hari, termasuk setelah tidur siang.

Hal ini disebabkan karena kurang tidur dapat meningkatkan level kortisol dan ghrelin di tubuh, kata Core. Ghrelin merupakan hormon lapar tubuh, yang mana mendorong nafsu makan. “Kortisoll merupakan hormon stres, dan banyak orang mengalihkannya dengan makanan untuk mengurangi stres dan meningkatkan dopamin.”

3. Gula darah rendah

Kadar gula darah seseorang naik dan turun secara ringan sepanjang hari, dan faktor-faktor seperti melewatkan makan, menyelesaikan latihan intensif, atau mengalami stres berat dapat menyebabkan penurunan sementara.

Salah satu efek samping umum dari gula darah rendah adalah rasa lapar yang intens karena tubuh mencoba mengembalikan kadar gula darah ke kisaran normalnya.

4. Haus

Bagian otak yang memberi tahu tubuh kita untuk makan juga bertanggung jawab memberi tahu tubuh kita untuk minum.  Sinyal-sinyal ini kadang-kadang bisa tercampur. Terdapat juga gejala dehidrasi ringan yang bisa mirip dengan rasa lapar, seperti sakit kepala, merasa pusing, kelelahan, dan kurang fokus atau konsentrasi.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya