SOLOPOS.COM - Ilustrasi makan pisang. (Freepik)

Solopos.com, SOLO-Ada sejumlah makanan yang bisa jadi mood booster ketika suasana hati sedang sedih. Setelah menyantap makanan ini dipercaya suasana hati bisa membaik.

Mengonsumsi makanan yang sehat dipercaya memberikan dampak pada suasana hati dan kesehatan mental seseorang. Namun jika memakan makanan yang manis dan tinggi kalori bisa memberikan efek samping negatif. Untuk itu diperlukan mengetahui makanan sehat apa saja yang dapat meningkatkan suasana hati ketika sedang sedih namun tetap memberikan nutrisi yang sehat bagi tubuh.

Promosi Kliring Berjangka Indonesia Gandeng BRI sebagai Bank Penyimpan Dana Margin

Dilansir dari healthline.com pada Selasa (21/5/2024) berikut ini daftar makanan sehat yang bisa membuat suasana hati membaik :

1. Cokelat hitam

Cokelat kaya dengan komponen untuk meningkatkan suasana hati. Gula yang terdapat di coklat dapat meningkatkan suasana hati karena ia merupakan sumber kekuatan instan untuk otak.

Namun, beberapa ahli mempersoalkan entah coklat mengandung komponen tersebut dengan cukup untuk memicu respon psikologis. Meskipun begitu, cokelat tinggi akan flavonoid yang bermanfaat bagi kesehatan, yang telah terbukti meningkatkan aliran darah ke otak, mengurangi peradangan, dan meningkatkan kesehatan otak, semuanya dapat mendukung pengaturan suasana hati.

Sehingga, cokelat memiliki penilaian hedonis yang tinggi, artinya rasa, tekstur, dan baunya yang menyenangkan juga dapat memberikan suasana hati yang baik.

2. Pisang

Makanan berikutnya yang bisa membuat suasana hati membaik yaitu pisang. Pisang tinggi vitamin B6 yang mana membantu memproduksi neurotransmiter  seperti dopamin dan serotonin. Ketika dipadukan dengan serat, gula dilepaskan perlahan ke aliran darah dan memungkinkan kadar gula darah stabil dan kontrol suasana hati lebih baik. Gula darah yang terlalu rendah dapat menyebabkan mudah marah dan suasana hati naik turun.

3. Buah beri

Meskipun belum jelas, pola makan kaya antioksidan membantu mengatasi peradangan yang berhubungan dengan depresi dan gangguan mood lainnya.  Buah beri mengandung berbagai macam antioksidan dan senyawa fenolik, yang memainkan peran penting dalam melawan stref oksidatif dan ketidakseimbangan senyawa dalam tubuh.

4. Kopi

Kopi termasuk salah satu makanan yang bisa bikin suasana hati membaik. Kafein yang terdapat di kopi mencegah senyawa alami yang disebut adenosin untuk menempel pada reseptor otak yang menyebabkan rasa lelah, sehingga kopi meningkatkan kewaspadaan dan perhatian seseorang.  Terlebih kopi juga meningkatkan pelepasan neurotransmiter yang meningkatkan suasana hati, seperti dopamin dan norepinefrin.

Sebuah penelitian pada 72 orang menemukan bahwa baik kopi berkafein atau tidak berkafein secara signifikan meningkatkan suasana hati dibandingkan dengan minuman non-alkohol lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya