SOLOPOS.COM - Buah alpukat (Ilustrasi/Freepik)

Solopos.com, JAKARTA – Berikut ini beberapa makanan yang dapat menurunkan kadar kolesterol yang bisa Anda siapkan saat Iduladha, setelah menyantap berbagai masakan daging kurban.

Tidak lama lagi umat muslim di Indonesia akan memasuki Hari Raya Iduladha pada hari Senin, 17 Juni 2024. Perayaan tersebut bersamaan dengan pemotongan hewan kurban seperti sapi dan kambing yang biasanya diolah menjadi sate, sop, atau gulai.

Promosi Kisah AgenBRILink Dekatkan Akses Perbankan Bantu Warga di Sumbawa Besar

Akan tetapi, berbagai olahan daging tersebut dapat meningkatkan kadar kolesterol. Dalam pengolahannya, masyarakat cenderung menambahkan santan dan minyak jenuh lainnya sehingga berisiko tinggi terserang kolesterol jahat.

Bukan tanpa alasan, tingginya kadar kolesterol memperbesar peluang terserang penyakit jantung dan strok karena menumpuknya lemak di saluran arteri yang pada akhirnya menghambat aliran darah.

Selain cara mengolah daging yang benar, mencegah kolesterol setelah mengonsumsi daging kurban dapat dibantu dengan beberapa asupan tambahan berupa sayur atau buah-buahan.

Dilansir Bisnis dari Healthline dan Harvard Health, berikut makanan yang dapat menurunkan kadar kolesterol setelah mengonsumsi daging kurban.

 

Makanan yang Dapat Menurunkan Kadar Kolesterol

  1. Buah Alpukat

Sebuah studi pada 2016 menunjukan bahwa kandungan lemak tak jenuh dalam alpukat berhubungan dengan penurunan kolesterol total, LDL, dan trigliserida. Selain itu, mengonsumsi satu buah alpukat setiap hari dapat membantu menurunkan kadar LDL dibanding yang tidak mengonsumsi alpukat. Buah alpukat dapat dijadikan salad atau topping tambahan pada roti panggang.

  1. Cokelat Hitam

Mengonsumsi cokelat hitam bisa menjadi alternatif lainnya untuk mengurangi kadar kolesterol setelah makan daging saat Iduladha. Kandungan polifenol dalam cokelat mencegah oksidasi kolesterol LDL dalam darah. Selain itu meminum minuman berbahan dasar cokelat dua kali sehari selama satu bulan mampu menurunkan kolesterol LDL sebesar 6,5 mg, sehingga juga berdampak terhadap tekanan darah.

Di samping itu, pastikan Anda mengonsumsi cokelat yang rendah lemak dan gula lantaran kedua kandungan tersebut meningkatkan risiko diabetes.

  1. Buah Apel

Tidak jauh berbeda dengan cokelat hitam, buah apel juga mengandung polifenol untuk menekan kadar kolesterol LDL dalam tubuh. Mengonsumsi dua hingga apel dapat menurunkan kadar kolesterol sebanyak 5% dan 13% serta meningkatkan kadar HDL hingga 12%. Dampak lainnya adalah menjaga kesehatan jantung karena kaya akan serat dan nutrisi sehat.

  1. Ikan Berlemak

Berbeda dengan lemak yang terkandung pada daging sapi dan kambing, kandungan lemak pada ikan memiliki manfaat untuk menurunkan kadar kolesterol. Lemak omega-3 adalah kandungan penting dalam menurunkan kadar kolesterol LDL. Omega-3 dapat mengurangi trigliserida dalam aliran darah dan melindungi jantung dari penumpukan lemak. Anda bisa mengonsumsi ikan berlemak sebanyak dua atau tiga kali seminggu.

  1. Oat

Oat adalah olahan berbahan dasar gandum yang sudah sejak lama bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol pada kelompok lanjut usia. Oat merupakan sumber serat yang baik untuk mengikat kolesterol jahat dalam tubuh. Oat bisa dikonsumsi bersamaan dengan buah anggur, alpukat, stroberi, atau buah lainnya untuk memaksimalkan penurunan kadar kolesterol.

  1. Kacang-kacangan

Kacang almond, kenari, hingga kacang tanah membantu menurunkan kadar kolesterol LDL, trigliserida dan kolesterol total. Sebuah penelitian pada 2016 menunjukan memakan kacang setiap hari berhubungan dengan menurunkan risiko penyakit kardiovaskular hingga 30%.

Pasalnya, kacang-kacangan mengandung lemak tak jenuh yang baik untuk kesehatan jantung dan menekan kadar kolesterol.

  1. Buah Beri

Buah beri kerap menjadi tambahan makanan diet karena memiliki rasa manis. Kandungan buah beri kaya akan serat yang membantu menekan kadar kolesterol dengan cara memberikan sinyal ke organ hati untuk menghentikan memproduksi kolesterol. Kandungan pektin dalam buah beri menurunkan kolesterol hingga 10%.

Tak hanya itu, buah beri memiliki efek antioksidan dan anti-inflamasi guna mencegah berbagai penyakit pada organ tubuh.

  1. Sayur-sayuran

Bayam, kangkung hingga brokoli adalah sayuran yang membantu menurunkan kadar kolesterol. Sayuran itu kaya akan serat, antioksidan, dan nutrisi penting lainnya yang berkaitan dengan penurunan kadar LDL. Setidaknya mengonsumsi sayuran sebanyak satu kali dapat berkontribusi menurunkan kolesterol sehingga terhindar dari penyakit jantung atau masalah arteri lainnya.

  1. Minum Teh

Teh mengandung senyawa katekin yang membantu menurunkan tingkat peradangan, oksidasi, dan karsinogen. Senyawa tersebut juga berkontribusi dalam menekan kadar kolesterol LDL dan kolesterol total dalam tubuh. Meski begitu, terdapat anjuran untuk tidak minum teh setelah mengonsumsi daging karena dapat mengganggu proses penyerapan zat besi.

  1. Kedelai

Susu kedelai, tahu, dan tempe merupakan olahan berbahan dasar kedelai yang mudah ditemui di pasaran. Harga yang murah dan praktis ternyata memiliki manfaat untuk menurunkan kadar kolesterol. Pasalnya, mengonsumsi susu kedelai sebanyak 2 atau ½ cangkir dapat menurunkan kolesterol sebesar 5% dan 6%.

 

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Ragam Makanan untuk Turunkan Kolesterol Usai Makan Daging Kurban saat Iduladha”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya