SOLOPOS.COM - Daun stevia yang bisa dimanfaatkan sebagai pengganti gula (istimewa/medicalnewstoday)

Solopos.com, JAKARTA – Salah satu yang sedang ramai dibicarakan di TikTok adalah khasiat serta efek samping stevia.

Dikutip Bisnis.com dari pinkvilla.com dan draxe.com, Senin (13/5/2024) pemanis stevia terbuat dari tanaman stevia rebaudiana yang mampu memberikan efek manis lebih dari gula, tetapi tidak memiliki kalori di dalamnya.

Promosi Erick Thohir Apresiasi BRI Masuk Daftar Perusahaan Terbesar Dunia Versi Forbes

Stevia terbuat dari bahan alami, tetapi beberapa orang pernah mengalami efek samping ringan saat mengonsumsinya. Agar Anda tidak mengalami kondisi serupa, berikut ini anjuran penggunaan stevia bubuk dan cair.

  • 1 sendok teh gula pasir = 1/8 sendok teh bubuk stevia atau 5 tetes stevia
  • 1 sendok makan gula pasir = 1/3 sendok teh bubuk stevia atau 15 tetes stevia cair
  • 1 cangkir gula pasir = 2 sendok makan bubuk stevia atau 2 sendok teh stevia cair

Efek Samping Penggunaan Stevia

  • Mual
  • Muntah
  • Gula darah rendah
  • Kembung
  • Pusing
  • Keram perut
  • Diare
  • Mati rasa
  • Nyeri otot
  • Reaksi alergi seperti ruam

Manfaat Mengonsumsi Stevia

  1. Menurunkan risiko kanker

Menurut penelitian Nutrition and Cancer, stevia mempunyai kandungan stevioside yang telah terbukti membantu membunuh sel kanker payudara. Karena itu, pemanis alami ini seringkali digunakan untuk menggantikan gula yang dikonsumsi. Adapun penelitian lain di Cina, menemukan kandungan steviol dalam daun stevia terbukti efektif menghambat pertumbuhan dan penyebaran sel kanker saluran pencernaan.

  1. Menurunkan risiko diabetes

Dalam Journal of Nutrition, menunjukkan stevia menjadi pemanis pengganti gula yang tidak memiliki kalori, sehingga aman digunakan penderita diabetes yang sedang mengikuti diet rendah glisemik. Adapun penelitian lain pada tahun 2019, menunjukkan orang yang beralih menggunakan stevia sebagai pemanis makanan atau minuman yang dikonsumsi, dapat memiliki kadar kalori stabil dalam tubuh sehingga bisa menurunkan risiko diabetes.

  1. Menurunkan berat badan

Konsumsi tambahan gula menyumbang persentase besar terhadap total kalori setiap harinya, akibatnya berat badan bertambah dan meningkatkan risiko obesitas. Karena itu, mengganti gula dengan stevia menjadi alternatif yang digunakan untuk menstabilkan berat badan melalui kandungan nol kalori yang dimilikinya.

  1. Menurunkan tekanan darah tinggi

Stevia memiliki kandungan glikosida yang membantu melebarkan pembuluh darah dan meningkatkan natrium, sehingga efektif untuk menstabilkan tekanan darah dalam tubuh. Penelitian Clinical Therapeutics, menunjukkan mengonsumsi kapsul stevioside 500 miligram tiga kali sehari selama dua tahun telah terbukti menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik secara signifikan.

  1. Menurunkan kadar kolesterol

Penelitian menunjukkan, orang yang menggunakan stevia sebagai pengganti gula berdampak positif untuk menurunkan kadar kolesterol jahat, trigliserida, dan LDL dalam tubuh. Apabila seseorang memiliki kadar kolesterol tinggi bisa memicu terkena penyakit jantung koroner, stroke, diabetes, tekanan darah tinggi, dan penyakit arteri perifer (PAP).

 

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Viral di Tiktok, Stevia Pengganti Gula, Ini Efek Samping dan Manfaatnya”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya