SOLOPOS.COM - Seorang warga membawa burung rangkong koleksi Gembira Loka Zoo di Yogyakarta, Minggu (19/11/2023). (Antara/Hendra Nurdiyansyah)

Solopos.com, JAKARTA – Musim liburan sekolah telah tiba. Siswa dari jenjang TK hingga SMA sudah menyelesaikan semester genap.

Sekolah di DKI Jakarta akan mulai libur sejak 22 Juni sampai 6 Juli 2024. Kemudian di wilayah lain seperti Jawa Tengah dan libur lebih lama hingga 20 Juli 2024 dan di Jawa Timur sampai 13 Juli 2024. Sementara itu, di Jawa Barat libur sekolah baru akan dimulai pada 1 Juli sampai 13 Juli 2024.

Promosi Tegaskan Komitmen pada Ekonomi Hijau, BRI Tawarkan KPR Green Financing

Jika kamu punya rencana untuk bepergian mengisi liburan bersama keluarga, berikut ini beberapa kota atau pulau rekomendasi yang punya destinasi wisata atau lokasi menarik untuk dikunjungi saat liburan sekolah dikutip Bisnis dari Tiket.com.

  1. Jakarta

Di Jakarta terdapat berbagai pilihan wisata liburan sekolah yang bisa dikunjungi, mulai dari wisata alam, budaya, sejarah, hingga wisata kekinian antara lain, Taman Mini Indonesia Indah, Monumen Nasional, Kebun Binatang Ragunan, dan menjelajahi Ancol dengan berkunjung ke Dufan atau Sea World.

  1. Malang

Kota Malang di Jawa Timur cukup underrated atau kurang terkenal untuk wisata liburan anak sekolah. Padahal, di sana ada berbagai objek wisata yang menarik sekaligus mendidik untuk anak, di antaranya, Jatim Park 1 dan Museum Angkut. Selain itu, ada pula Batu Night Spectacular, serta Kampung Jodipan yang penuh warna.

  1. Yogyakarta

Yogyakarta juga tak kalah menarik untuk dikunjungi saat liburan sekolah. Wisata Yogyakarta begitu lengkap dengan kuliner khas, tempat bersejarah, hingga alam yang memukau. Beberapa tempat wisata di Yogyakarta yang wajib dikunjungi antara lain Jalan Malioboro, Candi Prambanan, serta Taman Pintar, kebun binatang Gembira Loka, dan masih banyak lagi.

  1. Bandung

Bandung bisa menjadi destinasi wisata yang mudah dijangkau khususnya bagi warga Jakarta. Beberapa tempat wisata di Bandung yang bisa dikunjungi saat liburan sekolah antara lain, Ranca Upas, Kawah Putih, Farmhouse Susu Lembang, Bandung Zoo dan masih banyak lagi.

  1. Semarang

Semarang juga menjadi salah satu tempat yang kurang terkenal untuk dikunjungi saat liburan anak sekolah. Beberapa tempat wisata di Semarang yang bisa kamu kunjungi antara lain, Kampung Batik, Saloka Theme Park, serta The Wujil Aquapark.

  1. Medan

Buat yang tertarik menjelajahi Pulau Sumatera, Medan juga bisa menjadi salah satu destinasi wisata liburan sekolah yang menarik. Beberapa tempat wisata di Medan yang wajib kamu kunjungi antara lain, Hairos Waterpark, Bukit Lawang, hingga Museum Tjong A Fie Mansion.

  1. Surabaya

Surabaya tidak hanya kota bisnis dan kulineran. Ada juga sejumlah destinasi wisata yang menarik untuk dieksplorasi saat liburan sekolah. Beberapa tempat wisata di Surabaya antara lain, Suncity Waterpark, Blockbuster Museum, hingga Hutan Bambu Keputih.

  1. Pekanbaru

Tempat wisata di Pekanbaru juga tak kalah menarik dan sayang untuk dilewatkan. Ada banyak tempat rekreasi seperti taman rekreasi, museum, dan tempat-tempat bersejarah yang bisa dikunjungi, antara lain, Asia Farm Theme Park, Candi Muara Takus, Labersa Waterpark, dan masih banyak lagi.

  1. Palembang

Palembang yang dijuluki Kota Pempek juga bisa menjadi alternatif destinasi wisata liburan sekolah. Beberapa tempat wisata di Palembang yang bisa kamu kunjungi, antara lain, Opi Water Fun Palembang, Amanzi Water Park, hingga Masjid Agung Palembang.

  1. Bogor

Lebih dekat lagi dari Jakarta, Bogor bisa dijadikan opsi untuk yang ingin liburan di daerah jabodetabek saja. Ada banyak tempat wisata di Bogor yang bisa kamu kunjungi, antara lain, Taman Safari Indonesia Bogor, Bogor Aquagame, The Jungle Waterpark Bogor, dan masih banyak lagi.

  1. Bali

Bali sudah tidak asing untuk dijadikan destinasi liburan. Ada berbagai tempat wisata di Bali yang ramah untuk anak di antaranya, Tanah Lot, menyaksikan Tari Kecak Uluwatu, Sacred Monkey Forest Ubud, dan masih banyak lagi.

 

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Rekomendasi Tempat Wisata Seru Jelang Libur Sekolah Anak”

Baca Juga

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya