SOLOPOS.COM - Rambut kering merupakan salah satu tanda pola makan tidak sehat. (Ilustrasi/Freepik)

Solopos.com, SOLO-Ketahui sejumlah tanda pada tubuh saat pola makan kamu tidak sehat. Setiap harinya orang mengonsumsi makanan untuk mendapatkan energi untuk beraktivitas dan tetap hidup. Simak ulasannya di info sehat ini.

Makanan yang dikonsumsi akan memberikan dampak pada kesehatan tubuh seseorang sehingga perlu untuk memperhatikan apa yang masuk ke tubuh. Jumlah makanan yang masuk ke tubuh haruslah seimbang agar tubuh dapat mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan untuk tetap sehat. Makan makanan yang tidak sehat dapat terlihat dengan tanda yang muncul pada tubuh, meski beberapa tidak muncul sekejap dalam semalam.

Promosi Peternak Kambing di Malang Sukses Kembangkan Usaha Berkat Pemberdayaan BRI

Berikut ini sejumlah tanda yang bisa dilihat pada tubuh dari pola makan tidak sehat  seperti dilansir dari healthclevelandclinic.com pada Sabtu (25/5/2024)

1. Rambut kering

Organ seseorang memerlukan nutrisi yang cukup untuk melakukan fungsinya dengan benar, begitu pula folikel rambut. Pola makan yang menyebabkan kekurangan gizi  protein-energi dapat menyebabkan rambut mudah rontok atau lebih buruk kebotakan.

Penelitian menunjukkan bahwa pola makan rendah protein, asam lemak esensial, dan nutrisi seperti vitamin C, zinc, dan zat besi dikaitkan dengan kebotakan, kehilangan warna rambut, dan penipisan rambut.

2. Penuaan dini

Tanda lainnya dari pola makan tidak sehat pada tubuh yaitu penuaan dini. Penuaan tak bisa dihindari, namun semakin banyak penelitian yang mengindikasi pola makan bergizi dapat mendorong kesehatan kulit dan menunda tanda-tanda kemunculan penuaan kulit. Tinjauan sistematis tahun 2012 melaporkan bahwa pola makan kaya vitamin A, C, D, dan E serta antioksidan dan flavonoid memiliki efek bermanfaat pada kulit.

3. Kesehatan mulut yang buruk

Peradangan atau gusi berdarah serta gigi berlubang adalah tanda dari pola makan yang buruk. Terlalu banyak gula merupakan penyebab gigi berlubang.
Jika menyadari hal itu pergi ke dokter gigi untuk penambalan, pikirkan tentang seberapa banyak minuman dan makanan manis yang telah dikonsumsi.
Selain itu, gusi yang bengkak atau berdarah sering dikaitkan dengan kekurangan vitamin C pada pola makan.

4. Otak terasa terkuras

Tanda pola makan tidak sehat pada tubuh berikutnya yaitu otak terkuras. Jika merasakan kesulitan dengan memori dan konsentrasi serta merasakan kelelahan yang sangat bisa jadi tanda pola makan yang tidak sehat. Hal ini dikarenakan otak manusia bergantung dengan nutrisi yang bagus untuk melakukan aktivitas terbaiknya.

5. Ketidaknyamanan pada pencernaan

Diare dan sembelit keduanya dapat muncul jika tak memakan serat secara cukup. Jika merasa lelah karena pencernaan yang tak nyaman, coba untuk menaikkan konsumsi serat dengan memakan serat utuh seperti beras cokelat dan oat, selain itu kacang-kacangan, biji-bijian segar atau beku.

6. Sulit untuk menyembuhkan luka

Agar luka gores atau luka lebih besar dapat cepat sembuh dengan cepat melalui persediaan nutrisi yang cukup. Pola makan buruk dapat memengaruhi kekuatan jaringan baru, waktu pemulihan dan sebagaimana baik tubuh melawan infeksi apapun yang menjalar ke dalam luka.
Penelitian menunjukkan bahwa asupan kalori, protein, dan nutrisi yang cukup sangat penting untuk penyembuhan luka yang lebih benar.

7. Mudah sakit

Kebiasaan nutrisi yang buruk dapat merusak sistem kekebalan tubuh dan memicu penyakit serta infeksi. Jika sering merasa kurang sehat, seseorang dapat memanfaatkan makan lebih banyak makanan kaya nutrisi.

Nutrisi optimal dapat membantu memulihkan sistem kekebalan tubuh yang terganggu. Pilihlah makanan yang tinggi vitamin A, C, dan E, zinc, selenium, zat besi, dan asam folat.

Mulailah dengan meningkatkan asupan buah-buahan segar, sayuran, dan biji-bijian utuh khususnya buah-buahan sitrus (seperti lemon dan jeruk nipis), sayuran hijau, popcorn (tanpa tambahan mentega dan garam), dan beras cokelat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya