SOLOPOS.COM - Ilustrasi backpacker. (Freepik)

Solopos.com, SOLO–Backpacker dikenal sebagai gaya liburan yang terjangkau. Perlu beberapa hal yang harus dipersiapkan untuk memastikan liburan yang menyenangkan.

Country Manager Wise Indonesia, Elian Ciptono, menguraikan tren berlibur secara backpacking semakin digemari karena menawarkan kesempatan travelling dengan biaya terjangkau. Menurutnya bagi orang yang merencanakan liburan, perlu memiliki rencana yang lengkap untuk menjaga perjalanan liburan.

Promosi Didukung BRINita, Poktan di Jakarta Sulap Lahan Terbengkalai Jadi Produktif

“Supaya tetap lancar, menyenangkan, dan sesuai anggaran. Terutama ketika ke luar negeri, penting untuk memperhatikan biaya tambahan dari biaya transaksi di luar negeri dan biaya mark-up yang tersembunyi dalam nilai kurs,” terang Elian dalam keterangan resmi yang diterima Solopos.com, Rabu (12/6/2024).

Menurut dia, biaya-biaya ini dapat berasal dari hal-hal yang tidak terduga seperti ketika menarik uang tunai dari ATM setempat atau ketika membayar dengan kartu kredit.

Bagi orang mempunyai rencana berlibur, harus bisa memastikan memperhatikan biaya-biaya tersembunyi ini. Supaya lebih banyak anggaran dapat digunakan untuk pengalaman liburan.

Elian membagikan beberapa tips untuk menikmati liburan backpacker yang seru dan nyaman tanpa menguras kantong. Tips pertama adalah memilih destinasi yang backpacker-friendly.

Untuk backpacker pemula, penting untuk memilih destinasi yang memiliki transportasi umum yang mudah diakses, makanan murah, cuaca yang bersahabat, serta aman untuk solo travelling.

Di Indonesia, kota-kota seperti Banyuwangi, Yogyakarta, Flores, dan Lombok menawarkan pemandangan alam yang memukau. Jika ingin backpacking ke luar negeri, maka Bangkok dan Ho Chi Minh City, Vietnam, bisa dilirik.

Destinasi ini menawarkan kekayaan budaya dan fasilitas yang ramah bagi backpacker dengan bujet terbatas.

Kedua, memilih waktu travelling pada low season. Dengan menghindari berpergian di musim liburan, bisa lebih menghemat biaya penerbangan dan hotel.

Elian menyebut bagi yang punya rencana berlibur, bisa melakukan riset dan rencanakan perjalanan pada musim low season untuk mendapatkan lebih banyak diskon serta menghindari keramaian.

Backpackers seringkali hanya fokus untuk packing secara ringkas. Namun penting juga untuk membawa kebutuhan pokok seperti makanan kering, repair kit kecil, obat-obatan, dan handuk.

“Bawalah pakaian yang mudah dipadukan dalam compression bag, dan pertimbangkan mencuci pakaian selama perjalanan. Barang bawaan yang lebih ringan akan memberikan fleksibilitas lebih saat bepergian. Memiliki perlengkapan ini juga bisa membantu menghindari pembelian mendadak yang mungkin lebih mahal,” ungkapnya.

Elian juga mengimbau bagi pelancong untuk membawa uang tunai dan opsi pembayaran lainnya. Dengan memiliki beberapa opsi pembayaran selama bepergian sangat penting untuk menghindari situasi di mana tidak bisa membayar kebutuhan.

Backpacker juga sebaiknya membawa kartu kredit atau kartu debit dan uang tunai. Saat berada di luar negeri, terdapat biaya-biaya tak terduga ketika bertransaksi.

Saat menggunakan kartu debit atau kredit, selalu pilih untuk membayar dalam mata uang lokal. Untuk penarikan uang tunai, hindari ATM yang berada di dekat hotel, bandara, dan tempat wisata populer karena biaya yang lebih tinggi dan gunakan kartu debit daripada kartu kredit.

Jika memiliki teman atau kerabat di destinasi liburanmu, pertimbangkan untuk mengirim uang ke rekening mereka terlebih dahulu.

Selain itu, lanjut Elian, bisa menggunakan platform remitansi yang murah, cepat, dan transparan seperti Wise. Mereka bisa membantu menarik uang tunai dari ATM lokal, menghindari biaya transaksi mata uang asing.

Seseorang juga harus menentukan bujet dan perkiraan pengeluaran sebelum perjalanan.

Untuk menjaga pengeluaran agar sesuai bujet, dengan alokasikan anggaran ke dalam beberapa kategori pengeluaran yang lebih kecil. Ini memberikan gambaran yang jelas tentang apa yang ingin dan mampu dibayar selama perjalanan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya