SOLOPOS.COM - Viral soal khodam di berbagai media sosial, mengapa banyak orang percaya?

Solopos.com, JAKARTA — Khodam menjadi viral di media sosial seperti live Tiktok dan Instagram, simak penjelasan, berikut link cek khodam yang  sering dicari.

Apa itu khodam? Khodam adalah hal yang sering dikaitkan dengan spiritual dan kepercayaan mistis, terutama dalam budaya dan tradisi masyarakat Indonesia dan Malaysia.

Promosi BRI Bawa Inovasi & Transformasi Digital di Product Development Conference 2024

Khodam juga dianggap sebagai makhluk gaib atau penjaga, pembantu, atau pelindung seseorang.

Keberadaan khodam dipercaya dapat membantu pemiliknya dalam berbagai hal, seperti perlindungan dari bahaya, peningkatan kekuatan spiritual, dan bantuan dalam mencapai tujuan tertentu.

Dalam Jurnal Ilmiah Mutidisiplin berjudul Pelestarian Warisan Budaya Takbenda di Kampung Pulo Kabupaten Garut, Kamis (20/7/2024), ada warisan tak benda yang ada pada benda pusaka dan perlu dilestarikan.

Jenis Khodam

Dilansir Bisnis.com, jenis  khodam memiliki karakteristik dan kekuatan tertentu. Ada juga jenis khodam yang mampu menguatkan spiritual, khodam jin, dan khodam malaikat.

Fungsi khodam untuk melindungi dan membantu pemiliknya. Beberapa khodam juga diyakini dapat memberikan kekuatan khusus, seperti keberanian, ketenangan pikiran, atau kemampuan supranatural lainnya.

Sebagai informasi, kepercayaan akan khodam sangat bervariasi dan dipengaruhi oleh budaya, tradisi, dan pandangan pribadi masing-masing orang.

Sebagian masyarakat meyakini bahwa khodam adalah bagian penting dari kehidupan spiritual mereka, sementara bagi yang lain, khodam mungkin dianggap sebagai takhayul atau kepercayaan yang tidak berdasar.

Link cek khodam yang sering dipakai:

1. Untuk cek khodam nama dan lokasi  https://khodam.vercel.app/

2. Cek nama khodam https://check-your-khodam.vercel.app/

Mengapa Orang Percaya Khodam?

Kendati era digital sudah sangat tak terbantahkan, mengapa masih banyak masyarakat yang percaya dan yakin akan keberadaan hal gaib, salah satunya khodam?

Kepercayaan datam kaitannya dengan kebudayaan dan keagamaan merupakan keyakinan seseorang terhadap sesuatu sehingga membuat mereka melakukan penyembahan, seperti halnya penyembahan terhadap Tuhan, dewa, roh, atau lainnya.

Sedangkan keyakinan merupakan suatu sikap yang ditunjukkan oleh manusia saat mereka merasa mengetahui tentang suatu hal dan menganggap bahwa dirinya telah mencapai kebenaran.

Gaib dapat diterjemahkan sebagai sesuatu yang tidak nyata, tidak dapat terlihat oleh mata, tetapi dapat dirasakan di dalam hati dan pikiran manusia.

Jadi, kepercayaan gaib dapat diartikan sebagai keyakinan manusia terhadap sesuatu yang tidak dapat mereka lihat, tetapi dapat mereka rasakan bahwa sesuatu itu ada dan memiliki kekuatan serta mereka yakin akan hal tersebut.

Menurut Mudjahirin Thohir dalam buku Orang Islam Jawa Pesisiran (2006), kepercayaan terhadap kekuatan gaib terbentuk menjadi sistem simbol yang bertindak untuk menetapkan dorongan hati dan memotivasi dengan sangat kuat dan bertahan lama dalam diri manusia dengan cara memformulasi berbagai konsep tentang tatanan umum diri yang hidup dengan aura faktualitas sehingga dorongan hati dan motivasi itu tampak sangat realistis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya