SOLOPOS.COM - Ilustrasi pekerja kelelahan. (Freepik)

Solopos.com, SOLO-Ada sejumlah tanda yang ditunjukkan oleh tubuh saat Anda kurang bergerak di siang hari. Untuk menjaga kebugaran tubuh, simak ulasannya di info sehat ini.

Mereka yang seharian bekerja dalam posisi duduk dapat melewatkan waktu untuk menggerakkan badan agar tetap bugar. Dalam kondisi yang demikian, tubuh kemungkinan akan mengirimkan tanda-tanda sebagai peringatan.

Promosi BRI Bawa Inovasi & Transformasi Digital di Product Development Conference 2024

Sebagaimana dikutip oleh Eating Well pada Sabtu (8/6/2024), dokter terapi fisik Lisa N. Folden DPT, pendiri Healthy Phit Physical Therapy & Wellness Consultants dan penulis buku Healthy Made Easy: The Ultimate Wellness Guide for Busy Moms, menyampaikan lima tanda tubuh kurang gerak pada siang hari.

Berikut ini sejumlah tanda tubuh kurang gerak di siang hari dikutip dari Antara pada Selasa (11/6/2024):

1. Sembelit

Folden menyampaikan bahwa duduk dan berbaring sepanjang hari bisa menyebabkan sisa makanan berhenti bergerak di saluran pencernaan. Kondisi yang demikian bisa mengakibatkan sembelit.

Oleh karena itu, kata dia, sebaiknya menyempatkan waktu di sela kerja untuk berjalan-jalan atau melakukan peregangan beberapa kali agar pergerakan sisa makanan di saluran pencernaan lancar.

2. Otot tegang

Tanda berikutnya tubuh kurang gerak di siang hari adalah otot terasa kaku. Folden menyampaikan  otot seperti pita karet, yang semakin sering diregang dan digerakkan akan semakin fleksibel serta menjadi mengencang atau memendek ketika tidak digerakkan.

Ketika otot terasa tidak nyaman, itu tandanya tubuh minta digerakkan. Folden menyarankan latihan peregangan beberapa menit tiga kali seminggu untuk mencegah ketegangan otot.

3. Sendi kaku

Sendi mengandung pelumas yang disebut cairan sinovial. Cairan ini membantu persendian bergerak tanpa rasa sakit. “Ketika Anda jarang bergerak dan tidak sering berolahraga, produksi cairan itu melambat dan persendian mendeteksi itu,” kata Folden.

Kondisi yang demikian membuat persendian terasa seperti berderit pada pagi hari. Oleh karena itu, sebaiknya tambahkan jalan kaki ke dalam rutinitas dan pastikan tubuh selalu terhidrasi untuk membantu melancarkan aliran cairan sinovial.

4. Mudah lelah

Jika Anda merasa capek setelah menaiki tangga atau jalan-jalan di toko, maka itu mengindikasikan Anda akan mendapat manfaat dari melakukan lebih banyak latihan kardio.

Folden mengatakan bahwa rasa mudah lelah muncul karena paru-paru dan jantung Anda tidak lagi terbiasa memompa dan bekerja pada kecepatan di atas tingkat aktivitas menetap.

“Jadi mereka mengalami overdrive ketika Anda melakukan aktivitas dengan tingkat lebih tinggi seperti berlari ke mobil atau berjalan di bukit. Menjaga tubuh Anda tetap aktif dan terkondisi adalah obat terbaik untuk jantung dan paru-paru yang lelah,” katanya.

5. Suasana hati buruk

Suasana hati buruk juga merupakan salah satu tanda tubuh kurang gerak. Kurang olahraga bisa menjadi salah satu penyebab suasana hati memburuk. “Aktivitas fisik yang teratur menyebabkan tubuh Anda memproduksi lebih banyak ‘hormon bahagia’, yang juga dikenal sebagai endorfin,” kata Folden. Ia menambahkan, endorfin memicu perasaan sangat positif yang secara umum membuat orang merasa lebih tenang dan lebih bahagia.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya